border="0"

Kejuaraan Paralayang Internasional Digelar di Bukit Lolaro Tinombo, Sulawesi Tengah

Kejuaraan Paralayang
Kejuaraan Paralayang di Bukit Lolaro, Tinombo, Parigi Moutong, Sulawesi Tengah (Foto: Istimewah)

PARIGI MOUTONG – Hari ini, Kamis (4/5/2023), Kejuaraan Paralayang berskala Internasional, Parigi Moutong Accuracy Open Cat-2 resmi digelar di Bukit Lolaro Tinombo, Kecamatan Tinombo, Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah. Event Paralayang yang berlangsung dari tanggal 4 hingga 7 Mei 2023 ini diikuti oleh peserta dari berbagai daerah di Indonesia yang memperebutkan bonus 200 juta rupiah melalui 7 kategori yang dipertandingkan.

Ketua Panitia pelaksana, Mawardin SSi MSi, dalam laporannya menyatakan bahwa tujuan dari kegiatan Event Paralayang adalah untuk memperkenalkan unsur Pariwisata dan meningkatkan prestasi olahraga Atlet Paralayang di seluruh Indonesia. Selain itu, ia ingin memperkenalkan lokasi Bukit Lolaro sebagai lokasi andalan dan dukungan bagi Sport Tourism di Provinsi Sulawesi Tengah.

border="0"

Menurut Mawardin, kegiatan ini juga menjadi media promosi dan mendukung pengembangan Parigi Moutong menjadi destinasi wisata unggulan laut dan udara serta tercapainya pengembangan prestasi Atlet Paralayang hingga tingkat Nasional dan Internasional. Selain itu, acara ini juga menjadi ajang silaturrahmi dan pertukaran pengalaman Atlet Paralayang di seluruh Indonesia.

Wakil Bupati Parigi Moutong, H. Badrun Nggai SE, mengucapkan selamat datang kepada tamu undangan dan seluruh peserta Paralayang di Bukit Lolaro Kecamatan Tinombo Kabupaten Parigi Moutong atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong. Wabup juga berterima kasih kepada Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Pusat yang telah menunjuk Parigi Moutong sebagai tempat pelaksanaan kejuaraan Paralayang. Menurutnya, kegiatan ini sangat membanggakan karena bertaraf Internasional.

Wabup juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya Event Paralayang di Bukit Lolaro dan juga berterima kasih kepada peserta dari seluruh daerah yang telah mengambil bagian pada kejuaraan Paralayang. Ia berharap stakeholders dapat mengembangkan olahraga Paralayang di daerah tidak hanya sebatas sarana dan prasarana saja tetapi melakukan pelatihan kepada pemuda agar dapat menyalurkan bakat olahraga Paralayang sehingga dapat dilakukan secara berkelanjutan dan berkesinambungan.

Wabup juga memberikan pesan kepada pengurus FASI Parigi Moutong untuk selalu berinovasi sehingga Paralayang dapat diminati masyarakat dan memberikan kontribusi kepada sektor Pariwisata. Terakhir, ia menekankan kepada peserta Paralayang untuk mengikuti prosedur yang telah diatur oleh panitia pelaksana agar hal-hal yang tidak diinginkan dapat diminimalisir.

Baca Juga: Polda Sulteng Ajak Kolaborasi PWI Dalam Upaya Penegakkan Hukum dan Kamtibmas

Wakil Ketua Pusat Potensi Kedirgantaraan Kolonel Sus Cristian Suseno mewakili Ketua FASI Pusat mengucapkan terima kasih kepada Bupati Parigi Moutong H Samsurizal Tombolotutu atas izin dan dukungannya dalam kegiatan Paralayang. Pospudirga, yang merupakan Pusat TNI AU, setiap tahun berusaha hadir di tempat wisata melalui berbagai kegiatan, salah satunya adalah kejuaraan Paralayang.

Menurut Kolonel Sus Cristian, kejuaraan Paralayang tidak hanya memperkenalkan potensi daerah, tetapi juga bertujuan untuk membangkitkan sektor Pariwisata Kabupaten Parigi Moutong melalui Sport Tourism. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisata mancanegara di Parigi Moutong dan memperkenalkan wisata Indonesia melalui publikasi kegiatan berskala internasional dan dokumentasi peserta.

Kolonel Sus Cristian berharap kegiatan ini dapat terus menunjukkan objek wisata yang lebih dikenal oleh publik baik secara nasional maupun mancanegara melalui media sosial dan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat di tempat kegiatan. Ia juga mengingatkan kepada panitia, wasit, juri, dan para atlet agar kegiatan lomba dilaksanakan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan, dengan menjunjung tinggi sportivitas dan keselamatan.

Sekdaprov Sulawesi Tengah, Dra Novalina MM, mewakili Gubernur Sulawesi Tengah dalam sambutannya pada acara kejuaraan Paralayang berharap bahwa kegiatan ini dapat membantu memajukan olahraga Paralayang dan juga dapat membantu meningkatkan pariwisata dan ekonomi kreatif di Sulawesi Tengah. Dia berharap semua pihak dapat bekerja sama untuk memajukan olahraga Paralayang sehingga semakin dikenal oleh masyarakat.

“Saya berpesan kepada semua peserta agar dapat bersaing dengan sehat dan mematuhi semua peraturan yang ditetapkan oleh panitia. Saya berharap kejuaraan ini dapat menciptakan atlet yang tangguh dan berprestasi di masa depan,” ujarnya.

Setelah menyampaikan sambutannya, Sekdaprov bersama dengan Bupati Parigi Moutong, Wakil Bupati Parigi Moutong, Ketua TP PKK Kabupaten Parigi Moutong Dra Hj Noor Wachida Prihartini S Tombolotutu, Sekjen FASI Pusat, dan beberapa pejabat lainnya melakukan pemukulan gong sebagai tanda dimulainya kegiatan kejuaraan Paralayang berskala internasional.

Sumber: DISKOMINFO PARIGI MOUTONG

Konten Lainnya Kunjungi Media sosial Kami di : SEPERDETIK.COM