border="0"

Polda Sulteng Ajak Kolaborasi PWI Dalam Upaya Penegakkan Hukum dan Kamtibmas

Polda dan PWI berkolaborasi dalam upaya penegakkan hukum.
Polda dan PWI berkolaborasi dalam upaya penegakkan hukum. (Foto: Istimewah)

SULAWESI TENGAH – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Tengah berkolaborasi dalam upaya penegakkan hukum. Hal ini diungkapkan oleh Kapolda Sulteng Irjen (Pol) Agus Nugroho saat berkunjung ke Kantor PWI Sulawesi Tengah pada Kamis, 4 Mei 2023. Agus mengharapkan PWI dapat bersinergi dan bekerja sama dengan jajaran kepolisian di wilayah hukum Sulteng dalam proses penegakkan hukum.

Agus menyatakan bahwa kepolisian membutuhkan dukungan dari berbagai pihak untuk mewujudkan Sulawesi Tengah yang maju, aman, damai, rukun, dan sejahtera. PWI dapat menjadi mitra Polri dalam hal informasi, terutama terkait Kamtibmas dan penegakkan hukum. Menurut Agus, informasi yang disajikan pers sangat membantu kerja-kerja Polri, baik secara kelembagaan maupun langsung kepada dirinya.

border="0"

Ketua PWI Sulawesi Tengah, Tri Putra Toana menyambut baik kunjungan Kapolda Sulteng. Ia berharap komunikasi seperti ini dapat dilakukan secara berkala, sehingga dapat mengeksplorasi beragam kasus hukum yang dapat diungkap pers dan membantu kepolisian. Tri Putra juga memastikan bahwa PWI terus mendorong anggotanya bekerja secara profesional berdasarkan Undang-Undang Pers dan Kode Etik Jurnalistik, serta tetap kritis dalam menyajikan berita.

BACA JUGA : Gelar Pra Musrenbang Kejati Sulteng Fokus Pada 7 Arah Kebijakan Prioritas Nasional

Wakil Ketua PWI Sulteng Bidang Hukum, Udin Salim berharap Kapolda dapat mengingatkan penyidik di jajarannya agar tidak selalu memanggil wartawan sebagai saksi terkait berita yang ditulis. Saat berita telah dirilis atau ditanyakan di media, tanggung jawab berada di pundak pemimpin redaksi. Udin menegaskan bahwa PWI sering menolak permintaan saksi jika untuk wartawan.

Di akhir kunjungan, Kapolda menyampaikan terima kasih atas kesiapan PWI Sulteng berkolaborasi dengan Polda dan langsung memerintahkan Kabid Humas untuk memfasilitasi dan menjadwalkan silaturahmi secara berkala dengan PWI. Kunjungan tersebut dihadiri oleh Kabid Humas Polda Sulteng serta jajaran pengurus PWI Provinsi Sulteng.

Hadir dalam kunjugan tersebut Kabid Humas Polda Sulteng mendampingi Kapolda serta jajaran pengurus PWI Provinsi Sulteng, Mahmud Matangara Ketua DKP PWI Sulteng, Sekretaris PWI Sulteng Temu Sutrisno, bendahara Helmy Jatmika, Wakil Ketua Bidang Hukum Udin Salim, Wakil Ketua Bidang Pendidikan Murtalib, Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan Amiluddin, Ketua SIWO Irwan, Ketua PWI Peduli Syahrul, dan Direktur LBH PWI Hartono Taharuddin.

Konten Lainnya Kunjungi Media sosial Kami di : SEPERDETIK.COM