border="0"

Upacara Harkitnas ke-115 di Parigi Moutong: Semangat untuk Bangkit

Upacara Harkitnas ke-115 di Parigi Moutong: Semangat untuk Bangkit
Upacara Harkitnas ke-115 di Parigi Moutong: Semangat untuk Bangkit

PARIGI MOUTONG – Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) diperingati setiap tahun pada tanggal 20 Mei di seluruh Indonesia. Pada hari ini, Senin 22 Mei 2023, pemerintah kabupaten Parigi Moutong melaksanakan upacara Harkitnas yang ke-115.

Upacara Harkitnas dilaksanakan dengan khidmat di halaman kantor Bupati Parigi Moutong. Wakil Bupati Parigi Moutong, Badrun Nggai SE, menjadi pemimpin upacara. Anggota TNI-POLRI, Kepala SKPD, ASN, dan honorer Pemda Parimo hadir sebagai peserta upacara.

border="0"

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Wakil Bupati Parimo, Badrun Nggai, disampaikan bahwa Budi Utomo berdiri untuk mendorong bangsa Indonesia menyadari ketertinggalannya dari bangsa lain. Budi Utomo juga menegaskan perlunya mengejar tujuan utama kebangkitan nasional, yaitu: 1) Memerdekakan cita-cita kemanusiaan, 2) Memajukan Nusa dan bangsa, serta 3) Mewujudkan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

Baca Juga: Rumah Hukum Tadulako Gelar Aksi Pemilu Damai di Parigi Moutong

Dalam sambutannya, Menteri Komunikasi dan Informatika, yang dibacakan oleh Wakil Bupati Parimo, Badrun Nggai, juga menyatakan bahwa selama tiga tahun terakhir kita berada dalam situasi pandemi COVID-19. Kita bersyukur karena pada tanggal 5 Mei 2023, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencabut status darurat pandemi COVID-19. Hal ini menjadi momentum untuk memanfaatkan Hari Kebangkitan Nasional dalam membangun semangat kebangsaan. Ia juga mengatakan bahwa Harkitnas yang ke-115 ini harus kita maknai dengan perjuangan bersama antara kementerian, lembaga, pemerintah daerah, sektor swasta, akademisi, pers, komunitas, dan elemen bangsa lainnya untuk bahu-membahu dalam menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan guna mewujudkan kebangkitan bangsa dari krisis global.

Harkitnas merupakan hari yang ditetapkan berdasarkan berdirinya Budi Utomo pada tanggal 20 Mei 1908, yang diperingati setiap tahun. Pada tahun 2023 ini, Harkitnas memasuki peringatan ke-115 dengan tema “Semangat untuk Bangkit” berdasarkan surat dari Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia no. 241/M.KOMINFO/HM.04.01/05/2023.

Konten Lainnya Kunjungi Media sosial Kami di : Seperdetik.com