border="0"

Sekretaris Daerah Bersama Ketua TP-PKK Kab. Parigi Moutong menghadiri Kegiatan Kharisma Event Nusantara (KEN) Festival 2024

Sekretaris Daerah Bersama Ketua TP-PKK Kab. Parigi Moutong menghadiri Kegiatan Kharisma Event Nusantara (KEN) Festival 2024 | Foto : Istimewah
Sekretaris Daerah Bersama Ketua TP-PKK Kab. Parigi Moutong menghadiri Kegiatan Kharisma Event Nusantara (KEN) Festival 2024 | Foto : Istimewah

SEPERDETIK.COM – PARIGI MOUTONG – Pj. Bupati Parigi Moutong, Richard Arnaldo yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Parigi Moutong, Zulfinasran bersama Ketua TP – PKK Kabupaten Parigi Mountong Surya Febrianti menghadiri kegiatan Kharisma Event Nusantara (KEN) Festival 2024. Bertempat di Gedung Sasono Utomo Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta. Sabtu (27/1/2024).

Kegiatan Festival KEN dimeriahkan dengan 110 event dari berbagai daerah dalam bentuk pertunjukan seni dan budaya, serta pameran produk UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah).

border="0"

Partisipasi dalam kegiatan KEN ini, kata Zulfinasran, merupakan bentuk apresiasi dan terima kasih pihaknya atas kepedulian Pemerintah Pusat, agar pengembangan pariwisata Parigi Moutong makin dikenal di Indonesia hingga mancanegara.

“Jadi kedatangan kami di sini berdasarkan undangan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), berdasarkan permintaan dari pimpinan untuk bagaimana kita bisa memperkenalkan pariwisata di Indonesia, harapan ke depan banyak wisatawan berkunjung ke Parigi Moutong,” ujarnya.

Baca Juga : Pj Bupati Hadiri Kegiatan Pada Penanaman Pertama Gerakan 3T Di Desa Olaya Kec. Parigi Moutong

Ia mengungkapkan, sejumlah destinasi wisata menarik di Parigi Moutong di antara ada di Marantale, merupakan salah satu tempat wisata perairan yang terletak 26 km di bagian utara kota Parigi tepatnya di Desa Marantale, Kecamatan Siniu yang belakangan sedang viral karena keunikan bangunan Cottages-nya yang menarik.

Sementara itu Ketua TP – PKK Kab. Parigi Moutong Surya Febrianti mengatakan KEN merupakan sebuah program dari Kemenparekraf untuk menghidupkan ekonomi dengan menghadirkan kegiatan-kegiatan daerah yang berkualitas. Parimo sendiri menampilkan Tomini Fashion Carnaval (TFC) yang merupakan pakaian khas Daerah Parimo menggunakan busana adat, dirancang sesuai kekayaan budaya dan potensi daerah, eksis sejak 2014.

“TFC sendiri terdiri dari lima orang dengan busana yang berbeda-beda dan corak yang beragam, masing-masing busana dengan dominasi warna kuning, biru, merah, hijau, dan hijau merah. TFC ini telah malang melintang dalam sejumlah event daerah, nasional, maupun internasional antara lain Makassar World Culture, menyabet juara 1 pada Parade Nasional, juara 2 pada Malang Flower Carnival, dua kali mengikuti festival Karawo Provinsi Gorontalo, dan event nasional bahkan pernah mengikuti ajang Hermitage Garden di Moskow Rusia pada 2017”. Ungkapnya.

Selain penampilan TFC Performance Tarian Mogutu Gula Tapo turut memeriahkan pelaksanaan KEN Festival 2024.

Terkait pameran UMKM
Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Kabupaten Parigi Moutong, Sofiana mengatakan keunggulan komoditi di Parigi Moutong adalah Durian.

“Keunggulan itulah yang kemudian menjadi alasan dicanangkannya Kabupaten Parigi Moutong sebagai Kabupaten Durian dan digagasnya Festival Durian yang pertama kali pada 4-6 Juli 2023,” pungkasnya.

Disebutkannya, ada beragam varietas  Durian  mulai dari Durian Montong, Durian Tembaga, Durian Duri Hitam, Durian Matahari, Durian Musangking, serata beragam jenis durian lokal di Provinsi Sulawesi Tengah berlimpah dan diperdagangkan, serta menjadi komoditas ekspor ke mancanegara.

“Di setiap Kecamatan, Desa itu kami memiliki petani Durian, dan lahan yang ditanami Durian sekitar 3.383 ha. Kemudian Durian yang sudah diekspor itu 3.487 ton per tahun,” terang Sofiana.

Bahkan, pada 5 Januari 2024 lalu, telah dilakukan pelepasan eksportir kerja sama dengan beberapa UKM di Parigi Moutong. “Ada 5 UKM yang sudah masuk pasar internasional yaitu China dan Thailand,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut : Kadis Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Amir Syarifuddin, Kadis Koperasi dan UMKM Sofiana, Kadis Kominfo Enang, Kadis Pariwisata Pemuda dan Olah Raga F. Eny Susilowati.

Konten Lainnya Kunjungi Media sosial Kami di : SEPERDETIK.COM