border="0"

Sejarah Penemuan Situs Megalitik Pokekea di Lore Lindu

SitusMegalitikPokekea
SitusMegalitikPokekea (Foto: Istimewah)

SEPERDETIK.COM – Lore Lindu merupakan salah satu kawasan cagar budaya yang berada di Sulawesi Tengah, Indonesia. Di dalam kawasan ini terdapat Situs Megalitik Pokekea, yang menjadi salah satu bukti sejarah peradaban manusia di masa lalu. Penemuan situs megalitik ini terjadi pada awal tahun 1900-an ketika Belanda masih menjajah Indonesia.

Penelitian arkeologi di Situs Megalitik Pokekea dimulai pada tahun 1930-an oleh seorang arkeolog bernama W.A. Van Es. Dalam penelitiannya, Van Es menemukan berbagai artefak penting seperti patung batu, arca, dan alat-alat perunggu. Selain itu, Van Es juga menemukan peninggalan makam kuno yang menunjukkan adanya praktik penguburan di masa lalu.

border="0"

Hasil analisis penelitian arkeologi di Situs Megalitik Pokekea menunjukkan bahwa situs ini dibangun oleh masyarakat yang telah mengenal teknologi megalitik, yaitu teknologi pembangunan menggunakan batu besar. Penemuan artefak seperti patung batu dan arca menunjukkan adanya praktik keagamaan di masa lalu.

Baca Juga: Fakta Unik Pulau Sulawesi yang Harus Kamu Ketahui

Situs Megalitik Pokekea memiliki signifikansi yang besar bagi sejarah Indonesia. Situs ini menjadi bukti sejarah peradaban manusia di masa lalu, serta memberikan gambaran tentang kehidupan sosial, keagamaan, dan budaya masyarakat pada masa itu.

Selain itu, Situs Pokekea juga memiliki dampak yang positif bagi pengembangan wisata di Sulawesi Tengah. Situs ini menjadi salah satu destinasi wisata budaya yang menarik bagi wisatawan lokal maupun internasional.

Situs Megalitik Pokekea menunjukkan bahwa peradaban manusia di Indonesia telah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Situs ini juga menunjukkan adanya pengaruh budaya dari luar seperti pengaruh India dan China yang terlihat pada artefak yang ditemukan di situs ini.

Megalitik Pokekea menjadi salah satu destinasi wisata budaya yang menarik di Sulawesi Tengah. Situs ini menarik perhatian wisatawan lokal maupun internasional yang ingin mengenal sejarah dan budaya Indonesia. Selain itu, pengembangan wisata di sekitar situs ini juga memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Situs Pokekea merupakan salah satu bukti sejarah peradaban manusia di masa lalu yang ada di Sulawesi Tengah. Penemuan dan penelitian arkeologi di situs ini memberikan gambaran tentang kehidupan.

Konten Lainnya Kunjungi Media sosial Kami di: SEPERDETIK.COM