border="0"

Presiden Joko Widodo Resmi Buka Kongres XXV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) 2023

SULAWESI TENGAH – Presiden Joko Widodo Resmi Buka Kongres XXV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) 2023

Pada Senin, 25 September 2023, Presiden Joko Widodo secara resmi membuka Kongres XXV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) 2023 yang berlangsung di Istana Negara Jakarta. Dalam sambutannya, Kepala Negara menggarisbawahi pentingnya memegang teguh kode etik jurnalistik sebagai nilai tambah dari media dan pers, serta sebagai kelebihan dibandingkan dengan citizen journalism.

border="0"

Presiden juga menekankan agar insan pers Indonesia tidak tergoda oleh konten viral dan hoaks dalam pembuatan berita yang berkualitas. Dia menekankan bahwa kode etik jurnalistik harus terus dijunjung tinggi, terutama dalam menghadapi tantangan perkembangan dunia digital yang pesat.

Baca Juga : PWI Sulteng: Jangan Kotori Profesi Wartawan

“Kode etik jurnalistik harus tetap dipegang teguh meski dunia media menghadapi berbagai tantangan, terutama di era digital,” ungkap Presiden.

Selain itu, Presiden mengapresiasi peran kritis dan konstruktif insan pers dalam memberikan masukan dan kritik kepada pemerintah. Menurutnya, masukan dan kritik ini adalah sumber kekuatan bagi pemerintah, terutama menjelang tahun politik.

Presiden juga mendorong PWI untuk menjaga profesionalisme dalam melaksanakan tugas wartawannya. PWI, sebagai organisasi wartawan tertua dan terbesar di Indonesia, memiliki peran penting dalam memberikan informasi yang akurat, autentik, berkualitas, dan seimbang kepada masyarakat.

“Dalam era ini, berita yang baik bukanlah sekadar berita yang viral atau sensasional, karena itu hanya akan memicu hoaks. Saya mendapatkan laporan bahwa masih ada sekitar 11 ribu hoaks yang beredar di dunia digital,” tambah Presiden.

Turut hadir dalam acara ini Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Ketua Umum PWI Atal S. Depari.

Informasi Lainnya Kunjungi Media sosial Kami di : Seperdetik.com

Penulis: Bang KitEditor: Bang-Kit