border="0"

Kejuaraan Paralayang Internasional di Bukit Lolaro, Parigi Moutong

Kejuaraan Paralayang berskala internasional
Kejuaraan Paralayang berskala internasional (Foto: Istimewah)

PARIGI MOUTONG – Pada hari ini Jumat (5/5/2023), di Bukit Lolaro Kecamatan Tinombo Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, sedang berlangsung Kejuaraan Paralayang berskala internasional, yaitu Parigi Moutong Accuracy Indonesia Open Cat-2. Ini adalah hari kedua pelaksanaan lomba.

Sebanyak 125 peserta dari berbagai daerah ikut serta dalam kejuaraan paralayang ini. Hampir semua peserta adalah mantan atlet paralayang di PON, Asian Games, dan Sea Games. Ada juga atlet persiapan yang akan mengikuti PON di Aceh-Sumut pada tahun 2024 mendatang. Para peserta berasal dari berbagai provinsi di Indonesia, seperti Sumatera Barat, Jawa Timur, Aceh, Jawa Barat, Banten, Sulawesi Utara, Jawa Tengah, Bali, DKI Jakarta, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, dan dari Puspotdirga TNI AU.

border="0"

Pengawas pertandingan paralayang, Gendon Subandono, mengatakan bahwa hari kedua masih dalam tahap latihan resmi. Para peserta masih mengenal lokasi take off dan landing. Setelah latihan resmi selesai, pada hari ini akan dilanjutkan dengan lomba atau kejuaraan sebenarnya.

Gendon menjelaskan bahwa latihan resmi tetap dilakukan untuk pengambilan nilai. Hal ini dilakukan untuk menjaga jika cuaca tidak bagus, nilai tersebut tetap diambil. Namun, jika cuaca tetap bagus, maka nilai latihan resmi tersebut dihapus atau tidak digunakan lagi.

Baca Juga: 75 Personel Ditlantas Polda Sulteng Berangkat ke NTT untuk Pengamanan Asean Summit 2023 di Labuan Bajo

Dari 125 peserta, terdapat 72 peserta junior yang terdiri dari 20 wanita dan 52 pria. Sedangkan untuk peserta senior berjumlah 53 orang, terdiri dari 43 pria dan 10 wanita.

Kejuaraan Paralayang Parigi Moutong Accuracy Indonesia Open Cat-2 ini mempertandingkan kategori akurasi, yang artinya peserta harus mendaratkan paralayang mereka sesuai dengan target yang telah ditentukan. Lomba ini menampilkan teknik, kecepatan, dan keakuratan dalam mendaratkan paralayang.

Selain itu, kejuaraan paralayang ini juga bertujuan untuk mempromosikan pariwisata daerah Parigi Moutong dan meningkatkan ekonomi lokal. Bukit Lolaro sendiri merupakan salah satu tempat terbaik di Indonesia untuk meluncur dengan paralayang.

Kejuaraan Paralayang Parigi Moutong Accuracy Indonesia Open Cat-2 ini mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong dan Federasi Paralayang Indonesia (FPI). Diharapkan kejuaraan ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses serta memberikan manfaat bagi masyarakat Parigi Moutong dan Indonesia pada umumnya.

Sumber: DISKOMINFO PARIGI MOUTONG

Konten Lainnya Kunjungi Media sosial Kami di : SEPERDETIK.COM