border="0"

Studi Terbaru: Risiko Hipertensi dan Obesitas Akibat Tidur Siang Lebih dari 30 Menit

Foto ini memberikan ilustrasi visual tentang kebiasaan tidur siang
Foto ini memberikan ilustrasi visual tentang kebiasaan tidur siang

KESEHATAN – Baru-baru ini, sebuah studi yang diterbitkan di Jurnal Obesity mengungkapkan bahwa tidur siang terlalu lama, dengan durasi lebih dari 30 menit, dapat meningkatkan risiko hipertensi dan obesitas. Penelitian ini juga menunjukkan adanya hubungan antara durasi tidur siang yang lama dengan peningkatan indeks massa tubuh dan tekanan darah, serta risiko diabetes dan penyakit jantung.

Studi ini dilakukan pada 3.275 responden dewasa yang berasal dari wilayah Mediterania Spanyol. Para peneliti membagi subjek penelitian ke dalam tiga kategori, yaitu tidur siang kurang dari 30 menit, tidur siang dengan durasi lebih dari 30 menit, dan mereka yang tidak tidur siang sama sekali. Hasilnya menunjukkan bahwa orang yang tidur siang lebih dari 30 menit memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami sindrom metabolik dan obesitas.

border="0"

Baca Juga : Jelajahi Keindahan Wisata Alam dan Budaya di Sulawesi Tengah

Namun, studi ini juga menunjukkan bahwa orang yang tidur siang kurang dari 30 menit cenderung memiliki peningkatan darah sistolik atau tekanan darah yang lebih stabil dibandingkan dengan mereka yang tidur siang terlalu lama.

Profesor dari Fakultas Kedokteran Virginia, Becca Krukowski, menanggapi hasil temuan ini dengan mengatakan bahwa penelitian sebelumnya telah banyak dilakukan terkait kebiasaan tidur siang, sehingga temuan ini hanya menambah pengetahuan tentang kebiasaan tidur siang di wilayah Mediterania Spanyol. Krukowski juga berpendapat bahwa orang yang tidur siang lebih lama mungkin memiliki masalah kesehatan tertentu yang mempengaruhi pola tidur mereka.

Para peneliti juga menemukan bahwa selain durasi tidur siang yang lama, gaya hidup yang tidak sehat juga mempengaruhi risiko obesitas. Oleh karena itu, penelitian ini dapat menjadi landasan untuk penelitian lebih lanjut tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kebiasaan tidur siang dan risiko kesehatan terkait.

Kesimpulan

Berdasarkan studi terbaru dari Jurnal Obesity, durasi tidur siang lebih dari 30 menit dapat meningkatkan risiko hipertensi dan obesitas pada orang dewasa. Penelitian ini dilakukan pada lebih dari 3.000 responden di wilayah Mediterania Spanyol dan menemukan bahwa orang dengan durasi tidur di siang lebih dari 30 menit umumnya memiliki indeks massa tubuh yang lebih tinggi dengan risiko terkena sindrom metabolik lebih tinggi. Meskipun begitu, perlu diingat bahwa ada kemungkinan faktor lain, seperti gaya hidup yang kurang sehat, juga dapat mempengaruhi risiko obesitas. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan durasi tidur siang dan gaya hidup yang sehat untuk menjaga kesehatan tubuh secara optimal.

Konten Lainnya Kunjungi Media sosial Kami di : SEPERDETIK.COM