border="0"

Rapat Kerja Komisi I DPRD Parigi Moutong Bahas Realisasi Anggaran Semester I Tahun 2023

Ketua Komisi I DPRD Parimo, Sukirman Taher . FOTO : Desmond Palari
Ketua Komisi I DPRD Parimo, Sukirman Taher . FOTO : Desmond Palari

SEPERDETIK.COM – Komisi I DPRD Kabupaten Parigi Moutong telah menggelar rapat kerja bersama Inspektorat Kabupaten Parigi Moutong untuk membahas realisasi anggaran semester I tahun anggaran 2023. Pertemuan yang berlangsung hari ini menjadi momen pertama Komisi I berinteraksi dengan mitra kerjanya, yaitu Inspektorat.

Ketua Komisi I DPRD Parigi Moutong, Sukirman Taher, menyatakan bahwa dalam rapat kerja tersebut telah dibahas hal-hal yang sangat mendasar terkait anggaran semester I yang mencakup periode Januari hingga Juni 2023. Di dalam pertemuan tersebut, diungkapkan bahwa realisasi anggaran pada semester I ini telah mencapai 45%, namun, rincian lebih lanjut mengenai capaian dan kinerja anggaran tidak dijabarkan secara detail.

border="0"

Selain membahas realisasi anggaran, rapat juga membahas Prognosis Semester Dua Tahun 2023. Proyeksi ini diharapkan dapat menjadi panduan dalam merencanakan dan mengawasi anggaran untuk periode kedua tahun 2023.

Sukirman Taher juga menekankan pentingnya pengawasan terhadap penggunaan Dana Desa, yang merupakan bagian krusial dalam pembangunan di tingkat desa. Pihaknya berharap agar Inspektorat bisa merespons setiap laporan terkait penggunaan Dana Desa dengan segera untuk memastikan adanya transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan anggaran tersebut.

Sekretaris Inspektorat Parigi Moutong, Sudarso, menambahkan bahwa dalam rapat bersama Komisi I, juga dibahas mengenai tugas dan fungsi Inspektorat yang berkaitan dengan pengawasan dan evaluasi. Penggunaan Dana Desa menjadi salah satu fokus utama dalam rapat tersebut, dan Sudarso menegaskan bahwa fungsi monitoring dan evaluasi akan dilakukan secara berkala untuk mengidentifikasi potensi masalah atau pelanggaran dalam penggunaan anggaran.

Selain itu, rapat juga menyinggung tentang rekomendasi pencarian Dana Desa yang diberikan oleh Camat kepada Kepala Desa. Hal ini menunjukkan adanya upaya untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam penggunaan Dana Desa di tingkat desa.

Dengan adanya rapat kerja ini, diharapkan Komisi I DPRD Parigi Moutong dan Inspektorat dapat bekerjasama dengan baik dalam mengawasi dan memastikan penggunaan anggaran yang tepat dan efisien demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Parigi Moutong.

Konten Lainnya Kunjungi Media sosial Kami di : SEPERDETIK.COM