border="0"

Pj. Bupati Parimo Memimpin Upacara Hari Pahlawan Nasional untuk Pertama Kalinya

Pemberian penghargaan kepada para Veteran. | Foto : Istimewah
Pemberian penghargaan kepada para Veteran. | Foto : Istimewah

SEPERDETIK.COM – Parigi Moutong merayakan Peringatan Hari Pahlawan Nasional yang ke-78 dengan penuh khidmat. Acara ini dipimpin oleh Penjabat (Pj.) Bupati Parigi Moutong, Richard Arnaldo Djanggola, di halaman kantor Bupati pada Jum’at (10/11/2023).

Dalam amanatnya, Pj. Bupati menyampaikan pesan dari Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini, yang menekankan makna besar peringatan Hari Pahlawan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

border="0"

Tema peringatan Hari Pahlawan ke-78 ini adalah “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan.” Tema ini dipilih dengan mempertimbangkan tantangan zaman modern, terutama dalam menghadapi ancaman penjajahan yang semakin nyata. Indonesia, dengan kekayaan alamnya yang melimpah, dihadapkan pada tanggung jawab untuk mengelola sumber daya ini demi kejayaan bangsa dan negara.

Baca Juga : Peringati Hari Pahlawan Tahun 2023, Kapolda Sulteng Menjadi Irup di Polres Poso

Pj. Bupati menegaskan bahwa generasi penerus harus menghadapi tantangan tersebut dengan semangat juang yang sama seperti para pejuang pada 10 November 1945. Meskipun tidak mudah, tantangan ini dapat diatasi dengan semangat dan nilai-nilai perjuangan yang telah diajarkan oleh pahlawan bangsa.

Pahlawan diakui sebagai individu yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan kelompok atau diri sendiri. Saat ini, semangat untuk mengatasi kemiskinan dan kebodohan tercermin dalam usaha bersama di seluruh negeri, diilhami oleh nilai-nilai perjuangan pahlawan pada tahun 1945.

Semangat ini menjadi pendorong untuk menolak kekalahan dan menyerah pada keadaan. Bersama-sama, masyarakat berusaha mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur. Melalui usaha bersama, ekonomi kerakyatan dibangun untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang semakin maju dan berdaya saing di tingkat internasional. Peringatan Hari Pahlawan menjadi momentum untuk merenung, menghargai, dan meneruskan perjuangan demi masa depan yang lebih baik bagi bangsa Indonesia.

Konten Lainnya Kunjungi Media sosial Kami di : SEPERDETIK.COM