border="0"

Patroli Dialogis oleh Satgas OMB Menjaga Kamtibmas di Kota Palu

Satgas Operasi Mantap Brata (OMB) Tinombala telah memasuki hari ketiga operasinya dan berfokus pada tugas preventif, yaitu melakukan patroli. | Foto: Istimewah
Satgas Operasi Mantap Brata (OMB) Tinombala telah memasuki hari ketiga operasinya dan berfokus pada tugas preventif, yaitu melakukan patroli. | Foto: Istimewah

SEPERDETIK.COM – Kota Palu, Sulawesi Tengah, – Satgas Operasi Mantap Brata (OMB) Tinombala telah memasuki hari ketiga operasinya dan berfokus pada tugas preventif, yaitu melakukan patroli dialogis di Kota Palu. Patroli dialogis ini bertujuan untuk memastikan keamanan selama tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, terutama di obyek vital seperti kantor penyelenggara pemilu, yakni Kantor Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan beberapa Kantor Partai Politik di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Kasatgas Humas, Kombes Pol Djoko Wienartono, menjelaskan bahwa patroli dialogis ini merupakan langkah preventif yang penting untuk menjaga harkamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) dan menjamin kelancaran proses demokrasi di wilayah Sulawesi Tengah. Dia menegaskan bahwa upaya ini dilakukan agar proses Pemilu 2024 dapat berlangsung dengan aman dan lancar.

border="0"

Pentingnya patroli dialogis ini terlihat dari fakta bahwa pasangan calon Pemilu 2024 sedang menjalani pemeriksaan kesehatan atau medical check-up di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Meskipun pemeriksaan kesehatan dilaksanakan di Jakarta Pusat, Kasatgas Humas mengingatkan bahwa wilayah setempat juga memiliki peran penting dalam mengawal penyelenggaraan pemilu.

Baca Juga : Rapat Koordinasi KPU Parigi Moutong Bahas Penggunaan Dana Kampanye untuk Pemilu 2024

Kasubsatgas Publikasi, Kompol Sugeng Lestari, menambahkan bahwa patroli dialogis ini tidak hanya bertujuan menjaga keamanan, tetapi juga untuk mendapatkan informasi terkait kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat). Ini merupakan bagian dari upaya menjaga kondusifitas selama tahapan pencalonan presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2024. Upaya ini sejalan dengan harapan Kapolda Sulteng, Irjen Pol Dr. Agus Nugroho, yang menekankan pentingnya menyelenggarakan Pemilu 2024 dengan prinsip-prinsip aman, damai, sejuk, jujur, adil, dan berintegritas.

Melalui patroli dialogis, Satgas OMB Tinombala berkomunikasi dengan berbagai pihak terkait pemilu dan masyarakat setempat. Mereka menerima informasi yang berguna dalam memastikan bahwa seluruh tahapan pemilu dapat berjalan dengan baik. Hal ini mencerminkan komitmen Satgas OMB Tinombala untuk menjaga kamtibmas dan mendukung kelancaran proses demokrasi di Kota Palu dan wilayah sekitarnya. Patroli dialogis menjadi salah satu instrumen penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama Pemilu 2024 berlangsung.

Konten Lainnya Kunjungi Media sosial Kami di : SEPERDETIK.COM