border="0"

Ketua dan Segenap Pengurus OSIS,PMR dan Pramuka.MTs Negeri 1 Banggai peringati Maulid Nabi Muhammad SAW. 1445 H 2023 Masehi

Segenap pengurus Osis Sekolah MTs Negeri 1 Banggai .Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.1445 H. Di Halaman Sekolah | Foto : Istimewah
Segenap pengurus Osis Sekolah MTs Negeri 1 Banggai .Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.1445 H. Di Halaman Sekolah | Foto : Istimewah

SEPERDETIK.COM – Pada hari Selasa, 10 Oktober 2023 pukul 8.20 pagi, Ketua dan Pengurus Osis, PMR, serta Pramuka Sekolah MTs Negeri 1 Banggai menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tanggal 12 Rabiul Awal 1445 H. Tema acara adalah “Meneladani Ahlak Nabi Muhammad SAW. Untuk Membangun Karakter Generasi Muda yang Religius”. Acara ini berlangsung di halaman Sekolah.

Acara dihadiri oleh sejumlah tamu kehormatan, antara lain Kakan Kemenag Kabupaten Banggai, Drs. H. Ma’sum M.M., Kasi Pendis Hanya Dg Masiseng S.Pd.M.A, Kasubag Tata Usaha Master Djahapal SE, Kepala Sekolah MTs Negeri 1 Banggai Jamil Hasim S.Pd.M.M, Camat Luwuk diwakili oleh Kasi Trantip Afandi Mahmudin SE.M.AP, Lurah Luwuk, serta Kasubag Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V Provinsi Sulteng Ramadhan. Turut hadir pula Dewan Guru Sekolah MTs Negeri 1 Banggai dan perwakilan Pengurus Osis, PMR, serta Pramuka dari sekolah-sekolah di Kabupaten Banggai.

border="0"

Acara dimulai dengan Tari Melabot oleh pelajar MTs Negeri 1 Banggai, dilanjutkan dengan sambutan dari Pengurus Osis, PMR, dan Pramuka menggunakan empat bahasa, yaitu Bahasa Indonesia, Arab, Inggris, dan Saluan yang disampaikan oleh Taufik, Nana Clesi, dan Putri Safira. Perayaan Maulid Nabi kali ini diselenggarakan oleh Pengurus Osis Sekolah MTs Negeri 1 Banggai dengan bantuan Guru Wali Kelas masing-masing.

Selanjutnya, Sambutan dari Kepala Sekolah yang diwakilkan oleh Kasubag Sekolah MTs Negeri 1 Banggai, Ramlan, menyampaikan bahwa setiap tahun Sekolah MTs Negeri 1 Banggai mengadakan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai bentuk penghormatan dan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga : Amankan KTT AIS Forum 2023, Polri Kedepankan Tindakan Humanis Tangani Aksi Unras

Ramlan juga menekankan bahwa dalam perayaan ini, diadakan berbagai macam kegiatan seperti pembacaan dzikir, pembacaan surah-surah Al-Qur’an, tausiyah, serta pembacaan shalawat Nabi. Tak hanya itu, juga diadakan lomba adzan, lomba membaca surah Al-Qur’an, lomba qasidah, dan lomba pidato tentang kehidupan Nabi Muhammad SAW. Semua rangkaian acara tersebut diharapkan dapat mengajarkan dan menghayati nilai-nilai kebaikan dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan tema yang diangkat.

Tausiyah Hikma dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini disampaikan oleh Kakan Kemenag Kabupaten Banggai, Drs. H. Ma’sum. M.M., dengan tema “Meneladani Ahlak Nabi Muhammad SAW untuk Membangun Karakter Generasi Muda yang Religius”. Tema ini dipilih untuk menginspirasi generasi muda agar mengambil contoh dari ahlak dan karakter yang luar biasa yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW.

Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H. 2023 M. adalah perayaan kelahiran Nabi Muhammad SAW yang diperingati oleh umat Muslim di seluruh dunia. Selain sebagai momentum untuk merayakan kedatangan sebaik-baiknya manusia, maulid juga berfungsi untuk mengingatkan umat Muslim terhadap ajaran-ajaran dan contoh-contoh kehidupan yang diberikan oleh Nabi Muhammad SAW.

Dalam tema ini, generasi muda diajak untuk meneladani ahlak Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad SAW adalah teladan sempurna bagi umat Muslim dengan sifat-sifat mulia seperti kejujuran, kesabaran, keadilan, kebaikan, keberanian, dan banyak lagi. Generasi muda diharapkan mengamalkan semua ahlak terpuji tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan meneladani ahlak Nabi Muhammad SAW, generasi muda akan membentuk karakter yang religius, mampu menghadapi tantangan dalam hidup dengan keteguhan iman, bertindak adil dan jujur dalam segala situasi, berbuat baik kepada sesama tanpa membedakan agama, ras, atau suku, serta menghargai hak-hak orang lain. Mereka juga akan memiliki semangat dan keberanian untuk berjuang demi kebaikan umat dan melawan ketidakadilan.

Peran generasi muda sangat penting dalam menjaga keberlangsungan ajaran dan nilai-nilai Islam. Oleh karena itu, peneladanan ahlak Nabi Muhammad SAW menjadi sangat penting karena mereka adalah harapan masa depan umat. Dengan karakter religius, generasi muda akan menjadi pilar masyarakat yang harmonis, damai, dan sejahtera.

Diharapkan, tema “Meneladani Ahlak Nabi Muhammad SAW. Untuk Membangun Karakter Generasi Muda yang Religius” pada perayaan Maulid Nabi Muhammad tahun ini dapat menginspirasi generasi muda untuk mengikuti jejak ahlak Nabi Muhammad SAW dan membangun karakter yang religius.

Konten Lainnya Kunjungi Media sosial Kami di : SEPERDETIK.COM

Penulis: Amrillah MokoagowEditor: Bang kit