border="0"

Bupati Parimo Samsurizal Buka Kegiatan Ajang Kreativitas Anak Tahun 2023

Kegiatan lomba ajang kreatifitas PAUD. FOTO : Prokopim SETDA.
Kegiatan lomba ajang kreatifitas PAUD. FOTO : Prokopim SETDA.

SEPERDETIK.COM – Ratusan Anak dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se kabupaten Parigi Moutong ikuti Lomba ajang kreatifitas dan dirangkaikan dengan Workshop bagi tenaga Pendidik. Kegiatan resmi dibuka Bupati Parimo bertempat Mossing Desa sinei Kec. Tinombo Selatan. minggu (27/8/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Bunda PAUD Kab. Parimo Dra. Hj. Noorwachida Prihartini S. Tombolotutu dan Wakil Bupati Parimo H. Badrun Nggai,SE., dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parimo Sunarti, S. Pd, M. Pd.

border="0"

Dalam memeriahkan kegiatan yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parimo, Anak PAUD di 23 kecamatan mengikuti Rangkaian kegiatan Lomba diantaranya Lomba Lomba parade, lomba perkusi, lomba bercerita bergambar.

Bupati Parimo Samsurizal Tombolotutu dalam sambutanya mengatakan Ajang kreativitas Anak yang diselenggarakan merupakan kegiatan dalam kebebasan bagi sang anak untuk Bebas berkreasi tanpa ada penekanan.

Menurutnya dalam Pendidikan PAUD tidak harus dibawah dalam tekanan sehingga sang anak dapat berkembang dengan karakter yang kuat.

Berkaitan dengan adanya Workshop bagi tenaga pendidik Bupati Samsurizal berharap para guru PAUD bisa memahami, bahwa penekanan kepada anak tidak akan mengeluarkan kreativitas anak.

Berkaitan dengan hal itu Bupati Juga menuturkan Bahwa Indonesia telah lahir dengan Merdeka belajar, pintanya kepada tenaga pendidik agar biarkan sang anak mengikuti kemauannya sendiri untuk berkreatif, Bupati berharap tidak adalagi pemaksaan kepada anak PAUD untuk membaca.

“Saya harap kepada bunda PAUD kecamatan bisa bekerjasama dalam mengembangkan kreatifitas anak, mereka adalah generasi penerus yang nantinya akan menjadi pemimpin daerah kedepanya, ” Ucapnya.

Bupati menambahkan, daerah kab. Parimo telah meraih ke tiga kalinya penghargaan dari Pemerintah Pusat melalui Menteri Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan anak RI sebagai Kabupaten Layak anak ditahun 2023.

Bupati berharap penghargaan ini tidak hanya diraih disatu bidang saja melainkan ia berharap dibidang lain seperti Program Penekanan angka stunting diParimo juga bisa diraih nantinya, dan apabila kab. Parimo bisa meraihnya tentu pemberian penghargaan itu akan diberikan langsung oleh Bapak Presiden RI Joko Widodo.

Selaku Bunda PAUD Kab. Parimo Noorwachida Prihartini S. Tombolotutu dalam sambutanya mengatakan sebagai Bunda PAUD merasa bangga dengan adanya kegiatan Ajang Kreatifitas anak yang tengah dilaksanakan, apalagi melihat antusias Anak PAUD.

Ia katakan kegiatan ini merupakan wujud nyata bahwa potensi kreatifitas anak sangatlah besar dan perlu diberikan ruang untuk berkembang.

Noorwachida berharap agar tenaga pendidik dan orang tua anak harus memiliki peranan penting dan tanggung jawab besar untuk mengarahkan, memberikan inspirasi, mensugesti dan mendukung perkembangan kreatifitas mereka.

“Kegiatan Ajang kreatifitas anak bukan sekedar tentang perlombaan tetapi diharapkan bisa memberi pengalaman berharga kepada anak dan juga memberi ruang untuk mengeksplorasi ide ide dan mengasah keterampilan sang anak, ” Pintanya.

berkaitan dengan Gizi sehat dan berkualitas, Noorwachida juga terus mengingatkan kepada orang tua untuk wajib memberikan makanan yang sehat kepada sang anak ketika anak kesekolah.

“Orang tua wajib memberikan bekal makanan yang sehat, makanan yang diberikan tentunya memiliki kualitas gizi yang baik dan bebas dari pewarna dan pemanis Buatan, mereka adalah generasi penerus jangan sampai dengan salah dalam pemberian bekal makanan akan merusak dari pertumbuhan anak, “tutupnya.

Konten Lainnya Kunjungi Media sosial Kami di : SEPERDETIK.COM