border="0"

Semaraknya Busana Adat Tradisional Nusantara dalam Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78 di Parigi Moutong

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 dirayakan dengan penuh semangat di Kabupaten Parigi Moutong. FOTO : ISTIMEWA
Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 dirayakan dengan penuh semangat di Kabupaten Parigi Moutong. FOTO : ISTIMEWA

SEPERDETIK.COM – Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 dirayakan dengan penuh semangat di Kabupaten Parigi Moutong. Upacara peringatan yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Parigi Moutong ini menjadi peristiwa bersejarah karena dihadiri oleh berbagai pejabat yang mengenakan Busana Adat Tradisional Nusantara.

Acara tersebut dihadiri oleh Inspektur Upacara (Irup), Bupati Parigi Moutong H. Samsurizal Tombolotutu, yang turut mengenakan busana adat khas daerah. Selain itu, beberapa pejabat tinggi lainnya juga tampil memukau dengan berbagai busana adat tradisional yang mewakili berbagai daerah di Nusantara.

border="0"

Puncak acara peringatan ini adalah pembacaan Naskah Proklamasi Kemerdekaan yang dibacakan dengan penuh khidmat oleh Ketua DPRD Parimo, Sayutin Budianto. Acara dimulai dengan tanda kebesaran yang dibuka oleh seorang anggota Polres Parimo, menambahkan nuansa khidmat dan resmi pada acara tersebut.

Usai upacara peringatan, Bupati, Wakil Bupati, dan Sekretaris Daerah Parimo bergabung dengan sejumlah Pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten untuk melaksanakan Aksi Tabur Bunga di Pelabuhan Parigi. Tindakan ini sebagai bentuk penghormatan kepada arwah para pahlawan yang telah berjuang bagi kemerdekaan Indonesia. Kemudian, mereka melanjutkan kunjungan ke Kantor Lapas Kelas III Parigi untuk memberikan Remisi kepada para tahanan.

Sebelum acara puncak peringatan Hari Kemerdekaan, Pemerintah Daerah telah mengadakan berbagai kegiatan positif sepanjang bulan Agustus 2023. Selain aksi pembagian 10 juta Bendera Merah Putih secara nasional, mereka juga meluncurkan aplikasi sistem akomodasi terpadu donor darah, berpartisipasi dalam Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2023, menyelenggarakan Kejuaraan Panjat Tebing Skala Nasional, serta meresmikan GOR Tombolotutu dan membuka Babak Kualifikasi PON ke-21 cabang VollyBall Indoor.

Semua kegiatan ini menunjukkan komitmen Pemerintah Daerah dalam mendukung agenda nasional dan tema peringatan Hari Kemerdekaan, yaitu “HUT Proklamasi Terus Melaju untuk Indonesia Lebih Maju.” Pemerintah daerah, di bawah kepemimpinan Bupati H. Samsurizal Tombolotutu dan Wakil Bupati H. Badrun Nggai, SE, telah mengambil langkah konkret untuk mewujudkan kemajuan Indonesia dalam semangat persatuan dan kesatuan.

Konten Lainnya Kunjungi Media sosial Kami di : SEPERDETIK.COM