border="0"

Pawai Budaya dan Gerak Jalan Tingkat Sekolah Meriahkan Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Parigi Moutong

Hari pendidikan nasional
Kegiatan di Hari pendidikan nasional (Foto Istimewah)

PARIGI MOUTONG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2023 dengan berbagai kegiatan. Pada senin pagi (1/5/2023), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Parigi Moutong menggelar Pawai Budaya TK/PAUD Eks Kecamatan Parigi dan Gerak jalan tingkat SD, SMP dan SMA hingga sore hari. Terlihat sejak pagi hari antusias Rombongan Pawai Budaya TK/PAUD, Mengenakan beragam pakain profesi menghiasi jalannya pawai.

Noorwachida, Bunda PAUD Kabupaten Parimo, menyatakan kegiatan ini dapat menjadi wadah bagi anak-anak untuk mengekspresikan cita-cita mereka dengan memakai seragam yang sesuai dengan impian dan cita-cita mereka. Dia merasa sangat bangga melihat anak-anak memakai seragam Pilot, TNI, Polisi, Polwan, hingga dokter. Menurutnya, tugas orang tua adalah mendorong anak-anak menjadi apa yang mereka inginkan sehingga di kemudian hari mereka dapat menjadi tonggak penerus dalam membangun dan membanggakan daerah ini.

border="0"

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaa (Disdikbud) Kabupaten Parigi Moutong, Sunarti, mengatakan bahwa kegiatan pawai budaya ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam menyambut hari pendidikan nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei. Disdikbud sebagai leading sector dalam perayaan hari pendidikan nasional telah menyiapkan berbagai kegiatan, dimulai dari Pawai Budaya Anak Usia Dini, gerak Jalan tingkat SD hingga SMA.

Tanggal 2 Mei nanti akan diadakan Upacara Hari Pendidikan Nasional yang dirangkaian dengan launching buku-buku karya anak Parigi Moutong dan gerakan serentak minum tablet penambah darah bagi 300 pelajar. Selain itu, dilaksanakan lomba lagu solo karya Hasan Bahasyuan, parade Drum Band di Pantai Mosing, serta akan dilaksanakan juga symposium guru penggerak.

Pada siang harinya dilaksanakan lomba gerak jalan tingkat SD, SMP, dan SMA. Kurang lebih 70 regu kategori tingkat pelajar Sekolah SD, SMP, dan SMA tersebut resmi disambut oleh Bupati Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu, dihalaman Rujab Bupati, usai dilepas oleh Staf ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Aminudin, di lokasi star Taman Toraranga Parigi.

Baca Juga : Bimbingan Manasik Haji dan Umrah Kemenag Parigi Moutong

Sunarti menuturkan bahwa untuk Hardiknas kali ini kegiatan Peringatan menyambut puncak Hardiknas hanya dilaksanakan di ibu kota Parigi saja, akan tetapi Disdikbud juga mengizinkan jika ada kecamatan lain turut memeriahkan kegiatan gerak jalan di kecamatan masing-masing.

Sebagai kepala dinas Disdikbud, ia mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat memberikan semangat serta spirit kepada anak-anak.

Dalam merayakan Hari Pendidikan Nasional, kegiatan yang diadakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Parigi Moutong tersebut memang sangat bermanfaat bagi anak-anak. Selain dapat mengekspresikan minat dan cita-citanya, kegiatan tersebut juga memberikan kesempatan kepada mereka untuk belajar tentang berbagai profesi dan menambah wawasan mereka.

Tidak hanya itu, kegiatan-kegiatan seperti Pawai Budaya Anak Usia Dini, gerak jalan tingkat SD hingga SMA, serta launching buku karya anak Parigi Moutong dan gerakan minum tablet penambah darah bagi pelajar juga merupakan upaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Parigi Moutong dalam meningkatkan kualitas pendidikan di daerah tersebut.

Sebagai leading sector dalam perayaan Hari Pendidikan Nasional, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Parigi Moutong telah mempersiapkan berbagai kegiatan yang tentunya dapat memberikan semangat dan spirit kepada anak-anak untuk lebih giat belajar dan semangat mencari ilmu.

Tentunya, hal yang terpenting dalam perayaan Hari Pendidikan Nasional ini adalah untuk memahami bahwa pendidikan sangatlah penting untuk masa depan. Dengan demikian, diharapkan kegiatan-kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat bagi siswa-siswi dalam membentuk karakter dan mental mereka sehingga dapat menjadi generasi penerus bangsa yang lebih baik dan dapat memajukan pembangunan daerah Parigi Moutong. Uangkapnya.

Sumber : Frokopim Setda Parimo

Konten Lainnya Kunjungi Media sosial Kami di : SEPERDETIK.COM